NewsPakpak Bharat

UPT Puskesmas Simepat Rube Bagikan Obat Cacing Gratis Bagi Anak Sekolah

SHARE
150 views

Terkamnews.com || -PAKPAK BHARAT Para Petugas Kesehatan dari UPT Puskesmas Simepat Rube mengunjungi beberapa Sekolah yang ada di wilayah ini, guna memberikan obat cacing GRATIS bagi Siswa/Siswi di seluruh Sekolah, sebagai bagian dari Program Pemberantasan Penyakit Cacingan pada anak usia sekolah dan Prasekolah.

Kepala UPT Puskesmas Siempat Rube, dr. Ade Irma Sari Panjaitan menjelaskan, Program pemberian obat cacing pada anak merupakan salah satu Program Pemerintah yang dilaksanakan pada bulan Februari dan Agustus setiap tahunnya.
Program pemberian obat cacing bertujuan untuk membebaskan atau menurunkan angka penyakit kecacingan pada anak usia prasekolah dan anak usia sekolah, jelas dia.
Infeksi cacing bisa menyerang usia berapapun, termasuk anak-anak yang memiliki resiko paling tinggi terserang penyakit ini, disebabkan Anak-anak masih suka bermain disegala tempat termasuk tempat-tampat yang bisa mengkontaminasi berbagai bibit Penyakit termasuk cacingan.
Maka pemberian Obat cacing ini dilaksanakan di seluruh sekolah seperti PAUD, TK dan SD melalui Unit Kesehatan Sekolah, jelas dia dr. Ade Irma kemudian.

Dia juga menguraikan beberapa tanda-tanda dan gejala penyakit cacingan diantaranya kurang nafsu makan, lesu, perut buncit, berat badan menurun, nyeri perut, mual-mual, muntah, bisa diare atau sembelit, keluar cacing dari mulut atau dubur, kadang disertai Gatal disekitar anus, serta terganggunya pertumbuhan anak.
Untuk mencegah penyakit ini, sebisa mungkin hindarkan anak dari sumber penularan cacingan dengan menerapkan Perilaku Hidup bersih dan Sehat (PHBS) pesan dokter muda yang cukup manis ini.

(DT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *