Medan

Ibadah Kamis Putih 2024 di Paroki SMART Medan

SHARE
67 views

Terkamnews.com-MEDAN | Misa Kamis Putih yang dilakukan di Gereja Paroki SMART (Santa Maria Ratu Rosari Tanjung Selamat) Medan di pimpin oleh Pastor Maximus Manek, OSC, Kamis, 28 Maret 2024, Misa kedua pada pukul 20.00 Wib.

Umat Katolik mengikuti jalannya Misa Kamis Putih di Gereja Paroki SMART, Medan. Misa Kamis Putih merupakan rangkaian Tri Hari Suci untuk mengenang malam di mana Yesus dikhianati muridnya usai melakukan perjamuan terakhir.

Dalam homili Pastor Maxi, bahwa Gereja Katolik pada Kamis Putih. Kamis Putih memiliki makna yang mendalam bagi umat Kristiani. Terdapat dua peristiwa penting yang dikenang pada hari tersebut.

Pertama adalah peristiwa perjamuan makan malam terakhir Yesus bersama 12 muridnya. Perjamuan ini dilakukan untuk merayakan Paskah orang Yahudi, yakni mengenang pembebasan bangsa Israel dari Mesir.

Peristiwa kedua adalah saat Yesus membasuh kaki para muridnya dan memerintahkan mereka untuk saling mengasihi dan melayani. Pembasuhan kaki tersebut dimaknai sebagai simbol kerendahan hati dan ajaran untuk melayani sesama, ungkapnya.

Yesus mengajarkan bahwa menjadi pemimpin bukan berarti selalu dilayani, tetapi juga harus melayani, bahkan melayani orang hina sekalipun.

Di sisi lain, pembasuhan kaki juga diartikan sebagai simbol bahwa umat harus membersihkan hati dari segala hal yang jahat dan mengotori hati. Karena itu, tradisi tersebut menjadi teladan bagi umat Kristiani dan dijadikan sebagai salah satu ibadah utama dalam peringatan Kamis Putih.

Di gereja Katolik, saat misa Kamis Putih, pastor akan mengenang tradisi itu dengan membasuh kaki 12 orang yang duduk di depan altar. 12 orang tersebut diibaratkan sebagai 12 rasul yang dibasuh kakinya oleh Yesus Kristus.

Setelah misa dilanjutkan dengan tuguran yang berarti doa di depan Sakramen Mahakudus (Tubuh dan Darah Yesus) untuk tirakatan menemani Yesus menjelang Jumat Agung. Dalam tuguran dilakukan dengan bergantian sesuai dengan rayon yang sudah dijadwalkan oleh komisi liturgi.

Adapun jadwal tuguran:

Rayon 1 dimulai Pukul 22.00 wib- pukul 22.30 wib

Rayon 2 dimulai pukul 22.30 wib – pukul 23.00 wib

Rayon 3 dimulai pukul 23.00 wib – pukul 23.30 wib

Rayon 4 dimulai pukul 23.30 wib – pukul 00.00 wib

(TIM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *