News

Polres Langkat Polda Sumut Hadiri Apel Kesiapan Penanggulangan Bencana Alam Dimako Kodim 0203 LKT

SHARE
126 views

Terkamnews.com||Langkat – Kapolres Langkat AKBP Faisal Rahmat HS, S.I.K.,S.H.,M.H diwakili Kasat Samapta Polres Langkat AKP Binsar Aritonang SSos mengikuti apel kesiapan penanggulangan bencana alam diwilayah Kodim 0203 LKT yang dilaksanakan dihalaman apel Kodim 0203 LKT Jalan Jenderal Sudirman Kelurahan Kartini Kecamatan Binjai Kota, Rabu (25/10/2023).

Pimpinan apel dibawakan oleh Dandim 0203 /lkt serta yang bertindak selaku Komandan apel adalah Danramil 15/PS Kapten Inf Zulkarnain serta diikuti dari peserta upacara dari personil Polres Binjai, Langkat, Kodim, BPBD Binjai Langkat, Satpol PP Binjai, Tim Pemadam Kebakaran, dan barisan pramuka dari SMA N 7 Binjai.

Dandim 0203/lkt selaku pimpinan apel terlebih dahulu mengecek kesiapan dari personil yang mengikuti apel kesiapan penanggulangan bencana alam dan kemudian dilanjutkan dengan memberikan arahan dihadapan peserta apel.

Kemudian dalam arahannya Dandim mengungkapkan Apel kesiapan penanggulangan bencana alam bertujuan membangun sinergisitas dan kesiapan dalam menghadapi berbagai kemungkin resiko terjadinya bencana. Akan tetapi kita tetap berharap agar wilayah Kodim 0203/Lkt terhindar dari bencana. Akhir-akhir ini curah hujan cukup tinggi sebagai akibat pengaruh Lanina, kondisi geologis dan geofisik, yang memungkinkan terjadinya bencana alam di daerah ini.

Akibat cuaca yang tidak menentu maka tidak menutup kemungkinan terjadinya cuaca ekstrim bencana yang menyebabkan dapat hidrometeorologi sehingga seluruh pihak tentunya perlu untuk terus meningkatkan kesiapan baik personil secara individual maupun sumber daya peralatan yang dimiliki.

Pelaksanaan apel siaga bencana dapat menjadi sarana untuk meningkatkan koordinasi dan sinergitas semua elemen dalam menghadapi potensi bencana dan yakin semua pihak tentunya telah memahami tugas pokok dan fungsi masing-masing tinggal bagaimana mempererat kerjasama dan komunikasi secara aktif agar implementasi dilapangan dapat berjalan dengan baik.

Guna menciptakan rasa aman dan kondusif bagi masyarakat dalam menghadapi berbagai kemungkinan terjadinya bencana, dandim 0203 lkt meminta semua pihak untuk mensosialisasikan tentang kebencanaan secara potensi berkelanjutan sehingga masyarakat dapat terlibat secara aktif selama maupun proses antisipasi penanggulangan saat terjadi bencana. Partisipasi dan keterlibatan komponen masyarakat tingkat bawah tentu akan sangat membantu dalam upaya penanganan bencana alam di Wilayah Kodim 0203/Lkt.

(Tim/Samsidar)

(Humas Polres Langkat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *