News

HIMNI LAPORKAN CONDRAT SINAGA KE POLRES PADANGSIDIMPUAN

SHARE
572 views

Terkamnews.com – Masyarakat dari Suku Nias atau disebut “Ono Niha” yang tergabung di Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) Kota Padangsidimpuan melaporkan dugaan ujaran kebencian atas nama Condrat Sinaga yang dinilai sudah melecehkan suku Nias ke Polres Kota Padangisidimpuan, Selasa (19/10).

Kepada wartawan, Sekretaris Juli Zega mengatakan, laporan tersebut sebagai bentuk protes warga nias, termasuk yang ada di Kota P.Sidimpuan terhadap pernyataan dari Condrat Sinaga yang telah beredar di media sosial dan YouTube yang mengaitkan tarian perang Nias dengan Iblis.

“Hanya Nias yang mempunyai tarian perang, jadi jangan di identikkan sama Iblis. Apalagi, tarian tersebut adalah budaya masyarakat Nias secara keseluruhan,” ucap Zega.

Lebih lanjut Juli Zega menjelaskan, masyarakat Nias sangat menghargai perempuan. Hal itu terbukti ketika pesta pernikahan. ”Perempuan itu bagi kami sangat dihargai, jadi, apa yang dikatakan oleh Condrat Sinaga tersebut adalah suatu kebohongan,” jelas Juli Zega.

Sambung pria yang saat ini aktif dibidang sosial tersebut juga menambahkan bahwa, DPC HIMNI P.Sidimpuan melaporkan Condrat Sinaga agar tidak menjadi konflik horizontal antar suku. Sebab, dengan adanya pernyataan yang dibuat melalui media sosial itu dapat memicu konflik antar suku.

“Kepada seluruh masyarakat Nias terutama khususnya di Kota P.Sidimpuan agar tidak mau terprovokasi, sehingga tidak menimbulkan konflik antar suku,” harapnya. (mrs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *